Resep Membuat Bika Ambon Asli Dari Medan

Resep Membuat Bika Ambon Asli Dari Medan | Mangaloppa - Halo sobat sudah tau apa yang kita bahas hari ini? yups kita akan membahas salah satu resep yang berasal dari medan yaitu Bika Ambon. Kue berwarna kuning berlubang-lubang ini cukup langkah. Rasanya manis dan legit, bikin nagih ingin menyantapnya lagi dan lagi. Namun, meski nama kue ini menggunakan nama "Ambon", bukan berarti kue bika ini berasal dari sana lho sobat. Kue yang mirip dengan sarang semut ini sesungguhnya berasal dari Medan, dan menjadi buah tangan khas kota tersebut. 

Penyajian Bika Ambon ini bisa kapan saja. Sobat bisa menyajikannya dengan teh atau kopi di Malam hari. Tapi, di beberapa daerah, ada juga yang menganggap bika Ambon sebagai salah satu makanan langka. Sobat hanya akan menemukan resep membuat bika Ambon ini saat acara besar seperti pesta pernikahan, khitanan, atau hari raya.

Membuat kue Bika Ambon sesungguhnya mudah. Tapi kita butuh kesabaran ekstra karena dalam prosesnya, adonan butuh didiamkan sekitar 10-12 jam. Woow...lama bukan? Tapi, kesabaran Anda akan terbayar lunas ketika Anda mendapatkan hasil kue bika yang legit dan lezat ini. Ayo sobat kita belajar membuatnya!

Bika Ambon

Bahan Utama Pembuatan Bika Ambon:

  • Tepung sagu, 300 gram.
  • Tepung terigu protein sedang, khusus untuk roti, 100 gram.
  • Telur ayam, 15-18 butir dan ambil bagian kuningnya saja.
  • Air kelapa segar, gunakan kelapa hijau sebanyak 200 ml.
  • Santan, 600 ml. Ambil santan dari kelapa tua untuk santan yang kental. Semakin bagus kualitas santannya, bika pun akan semakin legit.
  • Gula pasir, 450 gram.
  • Ragi instan, 11 gram untuk pengembang.
  • Vanili, 1 sendok teh untuk memberi aroma.
  • Garam, 1 sendok teh untuk memberi rasa gurih.

Cara Membuat Bika Ambon:

  1. Campur tepung terigu bersama ragi instan dalam satu wadah. Pastikan keduanya tercampur dengan baik.
  2. Sambil mencampurnya, kemudian sedikit demi sedikit tambahkan air kelapa. Aduk-aduk hingga ketiganya tercampur secara merata dengan tepung yang tidak menggumpal.
  3. Diamkan adonan 14 hingga 16 menit.
  4. Sambil menunggu adonan tepung terigu tersebut, lanjutkan langkah berikutnya dengan menyiapkan satu wadah besar. Masukan gula pasir, garam, dan vanili ke dalam wadah tersebut. Gunakan spatula untuk mengaduknya.
  5. Sambil tetap diaduk-aduk, masukan telur ke dalam adonan gula tersebut. Aduk hingga telur dan adonan gula tersebut tercampur merata.
  6. Adonan tepung terigu yang tadi didiamkan, setelah 15 menit bisa Anda ambil dan campurkan pada adonan telur dan gula tersebut. Aduk seluruh adonan hingga merata.
  7. Setelah selesai diaduk, kemudian tambahkan tepung sagu ke dalam adonan tersebut, sedikit demi sedikit. Aduk kembali hingga tepung sagu tersebut tercampur secara merata dengan adonan tersebut.
  8. Kemudian, masukan santan kental sedikit demi sedikit ke dalam adonan tersebut. Pastikan Anda melakukannya sambil tetap mengaduk adonan tersebut agar tercampur dan menyatu sempurna dengan santannya.
  9. Gunakan saringan dapur untuk menyaring adonan, untuk memastikan bahan sudah tercampur semuanya.
  10. Setelah adonan jadi, tercampur saatnya Anda mendiamkan adonan bika tersebut kurang lebih selama 2 jam. Biarkan adonan mengembang dan membentuk sarang tawon yang khas dari kue bika.
  11. Anda pun bisa menyiapkan proses selanjutnya setelah hampir 2 jam dengan memanaskan oven.
  12. Siapkan Loyang, kemudian olesi permukaannya dengan sedikit minyak. Tujuannya, agar adonan bika tidak lengket pada loyang tersebut.
  13. Tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut dan ratakan. Tapi, jangan diaduk lagi.
  14. Masukan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Saat memanggang, pintu oven harus dibiarkan sedikit terbuka, api yang digunakan pun harus sedang.
  15. Proses pemanggangan sampai bika matang kurang lebih 7 sampai 13 menit. Bika yang telah matang, warnanya akan berubah menjadi kuning kecoklatan.
  16. Keluarkan dari dalam cetakan dan potong-potong setelah bika tersebut hangat.
  17. Untuk bika kukus, proses pemanggangan di atas bisa Anda ganti dengan pengukusan.

Bagaimana menurut teman teman? Ternyata cara membuat Kue Bika Ambon Medan nya praktis dan mudah kan. Mungkin ada beberapa langkah di atas yang terlewati buat sebagian orang yang sudah pernah gagal dalam membuat Resep Bika Ambon nya. Proses pendiaman adonan, penyaringan dan pintu oven yang sedikit dibuka adalah faktor faktor kunci yang tidah boleh dilewatkan untuk mendapatkan hasil Bika Ambon yang mempunya sarang tawon atau tidak bantet.


EmoticonEmoticon